Saturday 29 November 2014

ara membuat installer Windows 8 dengan USB Flashdisk
Kita bisa membuat installer Windows 8 dengan USB Flashdisk menggunakan tools Windows 7 USB/DVD Download Tool. Silahkan download dulu. Meskipun namanya Windows 7 USB/DVD Download Tool, tetapi bisa juga digunakan untuk membuat installer Windows 8 dengan USB Flashdisk. Selain itu kita perlu installer Windows 8 dalam bentuk file .iso. Kalau tidak punya file installer berformat .iso, Anda bisa membuatnya dulu dari DVD installer Windows 8 menggunakan tool iso maker. Iso maker yang saya gunakan yang berfitur lengkap adalah Power ISO. Sebenarnya Power ISO ini software berbayar. Kalau tidak punya dan pingin yang gratis silahkan cari sendiri di internet, atau bisa juga menggunakan tool iso maker gratisan lainnya.
Siapkan juga sebuah flashdisk dengan kapasitas minimal 8 GB. Jika terdapat file penting silahkan dipindah atau dibackup dulu, soalnya nanti tool ini akan memformat habis flashdisk Anda.
Oke, kalau sudah download Windows 7 USB/DVD Download Tool silahkan instal dan jalankan. Cara menggunakannya begini:

•    Jalankan Windows 7 USB/DVD Download Tool
•    Klik Browse untuk menentukan penyimpanan file .iso installer Windows 8, lalu klik Next


•    Klik USB device.


•    Setelah flashdisk ter-detect, untuk memulai prosesnya silahkan klik Begin copying dan tunggulah hingga selesai.
Cara install Windows 8 dengan USB Flashdisk
Setelah installer Windows 8 dengan USB flashdisk selesai dibuat, sekarang saatnya menginstal Windows 8 dengan flashdisk. Caranya begini:

•    Tancapkan flashdisk installer Windows 8 pada laptop atau komputer Anda dan restart.
•    Masuk ke setting BIOS. Untuk masuk ke setting BIOS tiap komputer atau laptop berbeda. Kebanyakan dilakukan dengan menekan tombol DEL, F8, F11, atau F12 selama booting. Notifikasi perintah ini tampak di bagian bawah layar monitor saat komputer sedang booting.
•    Kalau sudah masuk ke BIOS, cari menu pilihan booting atau semacamnya, pokoknya yang mengatur akses booting yang pertamakali. Biasanya default bootingnya dari dari hardisk C.
•    Kalau sudah ketemu silahkan set booting ke flashdisk untuk first boot, dan pilih hardisk c atau hardisk 0 (nol) bila hardisk lebih dari satu, untuk second boot. Lalu Save dan restart kembali komputer Anda.
•    Sekarang proses booting berjalan langsung dari flashdisk. Jika segala sesuatunya benar maka otomatis instalasi mulai dijalankan. Ikuti petunjuk prosesnya dan tunggu hingga instalasi selesai.
Saya sudah mempraktekkannya dan lancar tanpa kendala apa pun untuk instalasi Windows 8 hingga sekarang. Jadi kalau ada error atau kesalahan yang mungkin Anda alami, itu bukan tanggungjawab saya.

No comments:

Post a Comment